Selasa, 16 Agustus 2011

Proses Pemasangan Kabel Komunikasi Bawah Laut (Fibre Optics)


Proses Pemasangan Kabel Komunikasi Bawah Laut (Fibre Optics)

Kita sudah tidak asing lagi dengan internet. Kali ini saya beri info tentang kabel internet bawah laut. Karena kabel itulah kita bisa berinteraksi dan berkomunikasi via internet dengan nyamannya.

Apa itu kabel bawah laut?
Menurut wikipedia, "a submarine communications cable is a cable laid beneath the sea to carry telecommunications between countries." atau kalo di terjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah "Kabel komunikasi bawah laut adalah kabel yang diletakkan di bawah laut untuk menghubungkan telekomunikasi antar negara-negara."

Sejarahnya

Menurut wikipedia, Komunikasi kabel bawah laut pertama membawa data telegrafi. Generasi berikutnya membawa komunikasi telepon, dan kemudian data komunikasi. Seluruh kabel modern menggunakan teknologi optik fiber untuuk membawa data digital, yang kemudian juga untuk membawa data telepon, internet, dan juga data pribadi. Operator telekomunikasi di Indonesia pada era 1990-an sudah menggunakan kabel laut untuk menghubungkan pulau-pulau di Nusantara. Penggunaan kabel laut serat optik memiliki banyak keuntungan dibandingkan menggunakan Digital Micro wave (Radio Terrestrial) yang memiliki keterbatasan pada bandwidth, sehingga trend kedepan penggunaan kabel serat optik akan semakin banyak baik di darat maupun di laut. Penggelaran kabel laut dilakukan oleh kapal kabel (Cableship) yang dirancang khusus untuk menggelar kabel laut, Cableship memiliki keistimewaan, karena tidak dapat menggelar pada lokasi air dangkal, sehingga untuk area air dangkal (Shore End) biasanya menggunakan Barge Cable, yang mampu sampai pada ke dalam air 1 meter. Sejak 2003, kabel bawah laut telah menghubungkan seluruh benua dunia kecuali Antarktika.

Bentuk kabelnya

Across section of a submarine communications cable.

1 – Polyethylene
2 - Mylar tape
3 - Stranded steel wires
4 - Aluminium water barrier
5 – Polycarbonate
6 - Copper or aluminium tube
7 - Petroleum jelly
8 - Optical fibers


Cara instalasinya

Ini dia, cara instalasinya, saya sunting dari sumber langsung, silakan disimak, tapi mohon maap saya pake bahasa sendiri, biar lebih bisa dimengerti .
ini kapal instalasi kabel laut

Ini di dalam kapal

Persiapan/planning pemasangan kabel


ini alat/robot yang yang digunakan

siap diturunkan

di bawah laut

siap instalasi

pemantauan robot dari atas kapal

teknisi di tepi pantai

akhirnya kabel sudah selesai terpasang

Kesimpulan

Nah, karena adanya kabel komunikasi bawah laut ini, kita bisa berinternet ria antar negara. Sungguh kemajuan teknologi yang membuat jendela informasi kita terbuka lebar.

source: http://tak-disangka.blogspot.com/2010/04/cara-pemasangan-kabel-komunikasi-bawah.html
http://petergo-civilengineering.blogspot.com/

1 komentar: